Menulis Siaran Pres untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Untuk memajukan bisnis anda yang sedang berkembang, menulis siaran pres bisa menjadi sama ampuhnya dengan memasang iklan, dan biaya pembuatan siaran pres jauh lebih ringan. Siaran pres yang baik dapat mempromosikan perkembangan-perkembangan penting dalam perusahaan anda, tetapi penulisan siaran pres yang buruk akan diabaikan oleh media, tidak peduli seberapa penting nilai beritanya.

Siaran Pres adalah dokumen pendek yang digunakan untuk menarik perhatian media terhadap suatu acara atau peristiwa di perusahaan anda yang patut dijadikan berita. Bacalah koran lokal atau tontonlah berita lokal secara baik untuk membedakan apa saja yang bisa dinilai sebagai berita. Periksalah siaran-siaran pres dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang serupa dengan usaha anda untuk mendapatkan masukan bagaimana anda dapat membuat siaran pres.

Mengapa anda harus menulis siaran pres untuk bisnis anda? Alasan yang paling utama adalah karena siaran pres adalah cara gratis untuk mempromosikan bisnis dan seringkali sangat efektif untuk menjangkau pelanggan-pelanggan.

Pilih target anda dengan teliti. Banyak koran dan publikasi perdagangan yang secara rutin menerbitkan acara-acara bisnis tertentu, terutama yang menyangkut promosi-promosi, perekrutan baru, atau jadwal peristiwa-peristiwa khusus. Siaran pres biasanya tidak dimuat di halaman utama. Bagaimanapun, siaran pres anda dapat dimuat di koran atau majalah, dan anda harus mengambil keuntungan dari situasi berikut.

Penuhi kebutuhan mereka. Bila anda menginginkan koran atau stasiun televisi untuk memuat berita yang lebih besar tentang bisnis anda, berita tersebut harus menarik perhatian mereka. Mereka tidak peduli dengan kebutuhan anda dan mereka akan memuat berita yang menarik bagi mereka. Tetapi anda dapat memancing minat mereka dengan mempermudah segala hal.

Bersedialah sewaktu-waktu. Pastikan siaran pres perusahaan anda berisi tentang kesediaan pemilik atau CEO/Pejabat Eksekutif Tertinggi untuk menghadiri wawancara, karena merekalah yang ingin ditemui para wartawan. Para wartawan juga menghargai siaran pres yang mencantumkan nama-nama orang yang mempunyai informasi latar belakang yang tidak bersangkutan dengan perusahaan anda. Tanyalah para pelanggan, penjual, partner bisnis atau ahli industri, apabila mereka tidak keberatan untuk diwawancara. Bila mereka bersedia, cantumkan nama, nomor telepon, dan alamat surel mereka di siaran pres.

Jangan bertele-tele. Jurnalis dan redaktur menerima banyak siaran pres dan mereka menyingkirkan banyak diantara mereka, terkadang tanpa memeriksa secara teliti. Untuk membuat mereka membaca lebih lanjut, jangan menimbun inti pokok cerita, tapi tulislah fokus utama di bagian atas siaran pres. Bila siaran pres tidak menarik perhatian jurnalis di paragraf pertama, siaran pres anda akan terbuang percuma.

Jangan terlalu agresif. Dengan alasan yang sama, jangan terlalu menjual secara agresif. Teknik seperti itu tidak disukai para jurnalis. Jangan berkata bahwa produk anda “hebat” atau “unik”, bila apapun yang anda tawarkan tidak benar-benar demikian. Sebaliknya, jelaskan secara spesifik. Jangan cuma menyebutkan bahwa produk anda unik, tetapi utarakan kepada pembaca apa yang membuat produk anda unik.

Cantumkan informasi dasar. Siaran pres anda harus selalu mengandung beberapa informasi dasar seperti nama kontak utama, nomor telepon, alamat surel dan situs, dan alamat perusahaan anda. Anda harus menulis paragraf pendek yang menjelaskan bisnis anda dan tempatkan paragraf itu di akhir siaran pres. Pastikan kalimat-kalimat anda pendek, sederhana, dan bebas prokem.

Lebih sederhana lebih baik. Bila siaran pres anda lebih panjang dari dua halaman, berarti anda telah menulis terlampau banyak. Siaran-siaran pres terbaik panjangnya cukup satu halaman.

Pertimbangkan pemilihan waktu. Jurnalis harian, baik cetak, siaran, ataupun online, biasanya mempunyai batas waktu harian tersendiri untuk berita utama, tetapi mereka juga menulis fitur artikel sebulan sebelumnya. Jika anda menginginkan ulasan istimewa, kirimkan siaran pers anda setidaknya sebulan sebelum jadwal pencetakan. Majalah bulanan biasanya menutup isi editorial mereka dua bulan sebelum tanggal penerbitan. Bila anda ingin siaran anda diterbitkan di bulan Mei, anda harus mengajukan ide anda paling lambat bulan Februari. Radio, televisi, dan jurnalis elektronik menyiarkan berita-berita pendek yang berdasarkan berita utama. Berdasarkan sifat dinamis media-media berikut, anda harus siap untuk diwawancara atau berdemonstrasi kapanpun mereka menghubungi anda.

Jangan membuat kesalahan. Selalu periksa ejaan anda sebelum mengirimkan siaran pres. Biarkan orang lain membaca siaran pres anda untuk memeriksa apabila terdapat kesalahan-kesalahan. Penulis profesional kadang-kadang juga berbuat kesalahan, dan jika anda bukan seorang penulis profesional, akan sangat penting bagi anda untuk mempunyai paling tidak seorang pembaca untuk memeriksa tulisan anda sebelum siaran itu dikirim. Kesalahan ejaan di siaran pres dapat membuat perusahaan anda untuk dicap sebagai bisnis yang tidak penting, walaupun mungkin berita anda sebenarnya bernilai tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*