Bagaimana Cara Menciptakan Marketing Plan (Rencana Pemasaran) yang Unggul untuk Bisnis Kecil Anda

Like us please!Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on Tumblr

Updated 9 Mei, 2014

Mengapa saya memerlukan rencana pemasaran?

Tujuan rencana pemasaran adalah untuk merencanakan kerja anda dan melaksanakannya. Nasihat filosofi bisnis ini akan membantu anda untuk berhasil di berbagai aktivitas – termasuk pemasaran.

Apakah rencana pemasaran itu?

Rencana pemasaran adalah strategi bisnis untuk menjual dan memasarkan produk dan/atau jasa. Dalam level mikro, rencana pemasaran akan mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Rencana ini juga akan merincikan harapan penjualan, saham pasar, dan sebagainya. Rencana ini sangat rinci dan spesifik. Hal-hal yang termasuk di dalamnya adalah waktu penjualan, aktivitas-aktivitas pengiklanan, pemberian harga, dan upaya-upaya pendistribusian. Selain itu, rencana pemasaran juga menyatakan secara tepat apa yang dapat dilakukan bisnis dalam peluncuran produk baru dan mendukung produk-produk sebelumnya. Bagaimana rencara akan dilaksanakan dan apa hasilnya juga tertulis dalam rencana pamasaran. Rencana ini adahal dokumen rahasia yang biasanya terjilid.

Apa saja yang termasuk dalam rencana pemasaran?

1)     Executive summary/ringkasan pelaksanaan. Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus menjelaskan tentang dana yang diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan diukur.

2)     Analisa tentang keadaan terkini. Bagian ini mengandung kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.

3)     Penaksiran terfokus pada kesempatan bisnis. Yang termasuk di dalamnya adalah macam-macam golongan bisnis. Di sini, harus dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan tantangan-tantangan bisnis yang perlu dihadapi.

4)     Tujuan keuangan dan pemasaran. Yang tercantum di bagian tujuan keuangan adalah pengharapan kenaikan keuntungan anda. Juga, cantumkan pengharapan laba pada akhir masa perencanaan. Yang termasuk di dalam tujuan pemasaran adalah jumlah unit penjualan atau saham pasar yang akan anda dapatkan.

5)     Ringkasan strategi pemasaran. Bagian ini mengandung target pasar anda. Jelaskan bagaimana produk anda akan diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. Juga jelaskan bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing anda. Misalnya, dengan mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan potongan harga, mengadakan iklan kampanye nasional, dan sebagainya. (Baca artikel  80 Small Business Marketing Tactics di website kami)

6)     Anggaran pemasaran bulanan. Yang termasuk di sini, bagaimana anda membiayai rencana pemasaran anda tiap bulan. Beraga harga pemasaran? Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa anda jual?

Bagaimana saya menjalankan rencana pemasaran saya?

Menjalankan rencana pemasaran dimulai dari menentukan siapa pelanggan anda. Setelah mengetahui kepada siapa anda akan menjual barang anda, 4 macam alat pemasaran bisa digunakan untuk mencapai tujuan. 4 alat itu adalah Product, Place, Price and Promotion, atau Produk, Tempat, Harga, dan Promosi.

Produk” adalah apa yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan. Ini adalah fokus dari pemasaran. Jelaskan secara rinci tentang apa yang perusahaan sediakan kepada pelanggan. Selain itu, jelaskan juga tentang tawaran-tawaran abstrak. Apakah pelanggan akan mendapatkan garansi? Pada dasarnya, produk adalah keseluruhan dari apa yang anda tawarkan ke pelanggan.

Di bawah ini adalah beberapa cara bagaimana anda bisa mengkategorikan produk anda:

  • Bentuk – ukuran, rupa, struktur jasmani.
  • Ciri-ciri –  tambahkan aplikasi-aplikasi baru ke layanan/produk anda.
  • Kualitas pelaksanaan – level dari fungsi produk dan layanan anda.
  • Kemantapan kualitas – semua produk anda harus mempunyai kualitas yang sama.
  • Daya tahan – berapa lama produk dapat bertahan.
  • Keandalan – jangan biarkan produk anda gagal berfungsi.
  • Gaya – bagaimana pelanggan melihat dan merasakan produk.

Anda juga bisa membedakan produk anda dengan menawarkan layanan spesial. Beberapa contohnya:

  • Kemudahan pemesanan – bagaimana pelanggan dapat dengan mudah memesan.
  • Pengiriman – seberapa cepat produk dapat dikirim.
  • Melatih pelanggan – apakah perusahaan anda menawarkan untuk melatih pelanggan untuk menggunakan produk atau tidak.
  • Konsultasi pelanggan – apakah perusahaan akan menawarkan anjuran-anjuran atau tidak.
  • Pemeliharaan dan perbaikan – bagaimana perusahaan membantu pelanggan untuk menjaga agar barang tetap bekerja dengan baik.

INGAT

Rancangan produk harus berdasarkan dari pengertian yang mendalam tentang apa yang pelanggan perlukan, inginkan, dan harga yang mereka hendaki, sesuai dengan hasil dari pengertian dan penelitian pasar.

Tempat” adalah titik penjualan dan pendistribusian produk atau layanan. Tempat bisa berarti toko eceran, jaringan distribusi nasional, situs e-commerce, katalog, ato lainnya. Penting untuk diketahui bahwa ada banyak cara untuk mencapai pelanggan anda. Pastikan bahwa yang anda pilih adalah yang termudah bagi pelanggan. Jika pelanggan ingin membeli lewat internet, anda pun harus menjual dari internet

Harga” adalah jumlah uang di mana pelanggan rela memberikan sebagai ganti dari produk. Penentuan harga sangat rumit. Bila anda menjual dengan harga terlalu rendah, anda akan meningkatkan penjualan tetapi dengan hasil kecil. Bila harga terlalu tinggi, pelanggan anda akan membeli dari saingan anda. Cara yang baik untuk menentukan harga adalah dengan melihat keadaan pasar sekitar: Anda dapat memberi harga tinggi bila produk diterima pelanggan sebagai barang baru, unik, dan tidak ada penggantinya. Tetapi anda harus menurunkan harga bila terdapat banyak saingan dan barang pengganti.

Promosi” menjelaskan tentang aktivitas-aktivitas komunikasi yang digunakan untuk memastikan bahwa pelanggan tahu tentang tawaran perusahaan, mempunyai kesan baik terhadap produk, dan akhirnya melakukan transaksi. Promosi bisa berupa macam-macam bentuk seperti iklan TV, promosi, telemarketing, dan sebagainya.

Bagaimana saya dapat mengontrol rencana pemasaran?

Ada kemungkinan rencana pemasaran anda tidak berjalan sesusai dengan renaca awal. Contoh-contoh hal yang dapat terjadi:

  1. Pelanggan menggunakan produk untuk sesuatu yang berbeda
  2. Permintaan pasar lebih rendah dari yang diharapkan
  3. Saingan-saingan anda mendahului anda
  4. Biaya pemasaran lebih tinggi dari yang diharapkan

Untuk mengontrol rencana anda, pastikan untuk mengawasi kemajuan anda terus-menerus. Lebih tepatnya, pastikan untuk selalu periksa rencana, keuntungan, kedayagunaan, dan strategi.

Like us please!Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on Tumblr

6 comments

  1. Mantav!!! Terimakasih infonya, tambahan referensi buat Lomba Bisnis Plan. :)

  2. Bengkel Las Listrik

    Tapi kenapa ya banyak pengusaha sukses selalu bilang kalo perencanaan itu bukan yang no satu,bukan pengusaha dalam perencanaan tapi pengusaha perencanaan itu merupakan langsung membidik pasar,tapi mantap sekali sob infonya..

  3. bagus bgt nie ilmunya..
    terima kasih…

  4. izin buat referensi ya bung admin, trmksh sblmnya..

  5. bener- bener mantap gan… ini saya buat reverensi.. makasih bgt atas bantuannya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>