..

5 Taktik Sederhana Ini Bisa Membantu Anda Menjadi Lebih Terorganisir

teorganisirteorganisir

Pernahkah anda merasa bahwa waktu berjalan begitu cepat dan tanpa sadar anda belum menyelesaikan tugas apapun di hari itu ? Hal seperti ini mungkin sudah umum terjadi di kehidupan kita, dan penyebabnya dapat bervariasi pada setiap orang. Jika hal seperti ini dibiarkan, maka tugas-tugas yang harus diselesaikan akan terbengkalai dan hal itu akan berdampak buruk dalam kehidupan anda, termasuk dalam bisnis anda juga.

Untuk itu, cobalah lima cara yang sederhana namun efektif ini untuk membantu anda menjadi orang yang lebih terorganisir sehingga dapat membuat beberapa kemajuan bagi bisnis anda:

1. Pacu gairah anda secara konsisten dalam bekerja
Kebanyakan orang hanya memiliki gairah yang tinggi diawal memulai bisnis Saja. Seiring berjalannya waktu apalagi dengan banyaknya rintangan yang dihadapi, banyak yang lupa atau mungkin memang enggan untuk membangkitkan gairahnya lagi dalam meneruskan bisnis yang telah ia bangun. Untuk itu, yang perlu anda lakukan anda adalah harus konsisten dalam menjaga semangat anda dalam bekerja.

2. Buatlah daftar tugas yang harus diselesaikan
Semangat mungkin telah anda miliki, namun terkadang anda lupa untuk menyelesaikan beberapa tugas yang kemungkinan sama pentingnya dengan tugas yang telah anda kerjakan tadi. Solusi terbaiknya adalah anda harus memiliki sebuah daftar yang berisi tugas-tugas anda yang harus anda selesaikan, misalnya dalam sehari. Tugas-tugas harian yang anda catat di dalam daftar anda akan membantu anda untuk memeriksa kembali apakah anda telah menyelesaikan semua atau belum.

Anda dapat membuat daftar tugas anda sehari sebelumnya, misalnya sesaat sebelum pulang dari kantor. Hal ini akan membuat anda jauh lebih terorganisir daripada sebelumnya, dan hal ini juga memberi anda kemudahan dalam memanfaat waktu kerja anda lebih efektif. Anda dapat melakukan tugas-tugas yang menjadi prioritas terlebih dulu. Keesokan harinya, cukup luangkan waktu 5-10 menit sebelum memulai kerja untuk melihat apa yang harus anda selesaikan hari itu sambil minum secangkir kopi atau teh misalnya.

Dan ini penting, jangan membuat daftar kerja yang terlalu berlebihan. Berlebihan disini maksudnya anda menulis terlalu banyak tugas untuk dikerjakan dalam sehari, anda mungkin tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Tulislah tugas-tugas yang utama untuk diselesaikan terlebih dulu. Tulislah tugas yang dapat diselesaikan secara rasional dalam sehari. Ingatlah bahwa hal-hal lain mungkin akan muncul secara tiba-tiba.

3. Bijaklah dalam menggunakan media sosial yang ada
Sudah banyak bukti dimana masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya dalam menggunakan media sosial. Tidak jarang pekerjaan atau hal lainnya yang lebih penting jadi terbengkalai karena hal tersebut. Anda harus bijak dalam menggunakan waktu terlebih ketika anda menggunakan media sosial.

Namun media sosial tidak selamanya memberikan dampak yang negatif terhadap kita. Berkat hadirnya sejumlah media sosial yang menyediakan fitur untuk meng-upload serta mengelola konten perusahaan kita sekaligus, kita mendapatkan kemudahan dalam hal ini.

4. Aturlah jadwal khusus untuk membalas email atau menerima panggilan
Membuka email atau menerima telepon dapat menyita sebagian besar perhatian kita saat bekerja. Mengapa demikian? Karena panggilan masuk atau email dapat datang kapan saja sehingga konsentrasi kita saat bekerja dapat teralihkan. Memang kita memerlukan media komunikasi seperti email atau telepon, namun memiliki waktu-waktu tertentu untuk melakukan hal tersebut akan membuat anda dapat lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas. Anda akan terkejut dengan banyaknya tugas yang dapat anda selesaikan jika anda menerapkan cara ini.

5. Agendakan sebuah rapat yang terarah
Rapat bisa menjadi sebuah hal yang menguntungkan bagi bisnis anda jika dilakukan dengan benar dan terarah. Dan sebaliknya, jika rapat diadakan tanpa persiapan dan tujuan yang jelas, maka rapat tersebut dapat menjadi sesuatu yang tidak berguna bagi bisnis anda, bahkan hanya memakan waktu, energi dan dana anda saja.

Sebelum mengagendakan sebuah rapat, pastikan anda memiliki tujuan serta tekad yang kuat untuk mensukseskan apapun yang ingin anda capai melalui rapat tersebut. Hal ini disebabkan karena rapat adalah cara yang baik untuk menciptakan komunikasi dua arah untuk meminta pendapat atau memecahkan masalah.

Untuk membuat rapat yang terarah, tidak ada salahnya jika anda menempatkan seorang notulen yang dapat merangkap sebagai pengatur jalannya rapat agar semua peserta rapat tetap berada dijalur yang tepat.

Beberapa cara sederhana diatas mungkin tampak seperti ide yang sangat sederhana, namun tetap saja bagian tersulitnya adalah menjalankannya dengan konsisten. Dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi untuk dapat berpindah suatu kebiasaan ke kebiasaan yang lain. Bagaimanapun sulitnya, keputusan berada ditangan anda sendiri. Tapi percayalah bahwa kebiasaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. Semoga sukses.
(www.bisniskecil.com)

--

Beri Tanggapan "5 Taktik Sederhana Ini Bisa Membantu Anda Menjadi Lebih Terorganisir"


*