..

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Strategi Pemasaran

pemasaranpemasaran

Untuk mengembangkan bisnis, anda pasti memerlukan sebuah strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang baik pasti akan mencakup banyak hal, misalnya tentang siapa target yang kita tuju, bagaimana cara kita berkomunikasi dengan mereka, serta bagaimana cara membuat mereka menjadi pelanggan setia kita. Jika strategi itu dilakukan dengan benar, maka anda dapat memperoleh pelanggan dalam jumlah yang tidak terbatas, hal tersebut tentunya akan sangat baik bagi bisnis anda.

Bagian 1: Gambaran Utama
Buatlah sebuah gambaran besar mengenai ringkasan dari setiap strategi pemasaran yang akan anda jalankan dalam bisnis anda. Hal tersebut nantinya akan sangat berguna bagi anda dan para karyawan lainnya dalam memahami garis besar dari strategi pemasaran yang akan mereka jalankan.

Bagian 2: Tentukan Sasaran Anda
Bagian ini menjelaskan tentang siapa yang anda jadikan sasaran dalam bisnis tersebut. Disini anda harus menjelaskannya secara rinci, misalnya umur mereka, jenis kelamin, minat mereka, serta hal-hal lain yang bisa membantu anda dalam mengetahui keinginan serta kebutuhan mereka berkaitan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Jika anda mampu mengidentifikasi siapa sasaran anda dengan jelas, maka akan lebih mudah bagi anda dalam menyampaikan atau mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan sehingga anda akan memperoleh tanggapan yang baik pula dari para calon pelanggan anda.

Bagian 3: Penawaran Spesial
Jika anda dapat memberi penawaran spesial kepada para calon pelanggan anda, maka hal ini tentunya akan dapat membedakan perusahaan anda dari perusahaan pesaing lainnya. Salah satu ciri dari perusahaan besar adalah adanya penawaran spesial yang diberikan kepada para pelanggannya. Misalnya saja sebuah jasa pengiriman barang yang terkenal seperti FedEx. Penawaran spesial yang mereka berikan adalah pengiriman barang kilat yang hanya membutuhkan waktu semalam saja. Penawaran spesial tersebut akhirnya membuat mereka terkenal diantara para pelanggan yang menginginkan jasa pengiriman barang kilat.

Bagian 4: Patokan Harga dan Posisi Perusahaan
Patokan harga yang anda buat haruslah selaras dengan posisi perusahaan anda. Jika anda misalnya ingin memperkenalkan perusahaan anda sebagai merek terkemuka di industri yang anda geluti, maka jangan mematok harga yang terlalu rendah. Hal itu justru akan membuat para pelanggan anda membatalkan transaksi pembelian mereka. Harga yang dipatok haruslah didasarkan pada kesediaan konsumen dalam membayar sebuah produk, bukan berdasarkan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksinya. Penentuan posisi perusahaan serta pematokan harga yang jelas akan dapat mendukung strategi pemasaran anda.

Bagian 5: Pendistribusian
Rencana pendistribusian yang baik harus menjelaskan secara rinci tentang bagaimana cara pelanggan membeli produk anda. Pilihannya bisa saja berupa pembelian langsung dari situs perusahaan, atau pembelian melalui distributor atau melalui penjual produk eceran. Anda juga dapat memikirkan cara yang lainnya untuk menjangkau para pelanggan anda. Ini adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah rencana pemasaran.

Bagian 6: Berbagai Penawaran Lainnya
Penawaran yang dimaksudkan disini adalah penawaran khusus yang anda berikan kepada calon pelanggan serta pelanggan lama anda agar mereka tetap setia menjadi pelanggan anda. Penawaran tersebut dapat mencakup berbagai hal seperti gratis uji coba, jaminan uang kembali, penawaran paket hemat (dapat berupa gabungan antara produk atau jasa yang berbeda) serta pemberian diskon. Hal yang seperti itu tentu dapat meningkatkan jumlah pelanggan anda dengan lebih cepat.

Bagian 7: Media Pemasaran
Media pemasaran adalah alat yang digunakan untuk mempromosikan bisnis anda kepada para pelanggan lama serta calon pelanggan anda. Media tersebut dapat berupa website, brosur, kartu nama, dan katalog. Tinjaulah kembali media pemasaran yang telah anda gunakan atau yang mungkin harus di desain ulang sebagai bagian dari strategi pemasaran anda.

Bagian 8: Promosi
Bagian ini adalah salah satu bagian yang penting dalam strategi pemasaran anda. Dibagian ini anda dituntut untuk menjelaskan secara rinci tentang cara anda untuk memperoleh pelanggan baru. Ada banyak sekali cara untuk mempromosikan produk anda, misalnya melalui iklan televisi, pameran, iklan online, pemasaran melalui sebuah acara, dan lain-lain. Anda harus memilih cara yang anda anggap paling efektif untuk mencapai tujuan anda.

Bagian 9: Pemasaran Online
Saat ini suka atau tidak, terdapat banyak orang yang menggunakan internet sebagai media untuk mencari atau meninjau suatu produk atau jasa yang akan mereka beli. Oleh karenanya, jika anda menerapkan strategi pemasaran secara online, anda akan sangat terbantu dalam memperoleh pelanggan baru serta dalam memperoleh manfaat yang lainnya.

Terdapat empat bagian penting dalam strategi pemasaran online, yaitu:

  1. Penggunaan Kata Kunci: Gunakan kata kunci yang tepat untuk mengoptimalkan fungsi situs anda.
  2. Pengoptimalan Mesin Pencari: Pengoptimalan mesin pencari ini sangat penting dalam bisnis online, situs anda bisa saja mendapat ranking teratas untuk sebuah kata kunci.
  3. Pemasangan Iklan Online: Promosikan produk dan situs anda melalui iklan online untuk menarik perhatian para pelanggan.
  4. Media Sosial: Gunakan media sosial untuk meraih lebih banyak perhatian dari para pelanggan.

Bagian 10: Perubahan
Strategi ini menjelaskan tentang cara yang dapat anda gunakan untuk membuat calon pelanggan anda menjadi pelanggan setia anda. Salah satu contoh cara yang dapat digunakan untuk menarik para pembeli adalah memperlihatkan bukti penjualan dan menampilkan testimonial dari klien-klien yang merasa puas dengan perusahaan anda. Hal ini adalah cara yang paling jitu dalam meningkatkan penjualan.

Bagian 11 : Kerjasama & Kemitraan
Kerjasama dan kemitraan adalah perjanjian yang anda buat dengan perusahaan lain untuk membantu anda memperoleh pelanggan baru. Sebagai contoh, anda memiliki perusahaan yang menjual senar gitar, maka akan sangat menguntungkan jika anda bermitra dengan produsen gitar. Mereka pasti memiliki daftar para pelanggan yang nantinya akan membutuhkan senar gitar. Coba anda pikirkan kira-kira produk apa yang akan pelanggan beli sebelum, saat, atau setelah mereka membeli produk dari anda. Kemudian bermitralah dengan produsen penghasil barang-barang yang berkaitan tadi.

Bagian 12: Referensi
Adanya program referensi yang diberikan kepada para pelanggan dapat membuahkan kesuksesan bagi anda. Sebagai contoh, jika setiap pelanggan anda dapat mereferensikan satu pelanggan baru, maka jumlah pelanggan anda akan terus bertambah. Namun, hal itu tidak akan terlaksana jika anda belum memiliki program referensi dalam bisnis anda. Untuk memulainya, anda harus menentukan kapan waktu yang tepat bagi anda untuk meminta referensi dari para pelanggan, anda juga harus memikirkan hadiah atau imbalan apa yang akan diberikan kepada mereka yang telah memberikan referensi, dan lain lain. Pilih dan laksanakan strategi referensi yang terbaik untuk perusahaan anda.

Bagian 13 : Peningkatan Harga Jual
Walaupun tujuan utama anda saat berkomunikasi dengan calon pelanggan adalah untuk melakukan penjualan, tapi anda tetap harus memperhatikan harga jual. Hal itu disebabkan karena pada dasarnya harga jual atau uang yang harus dibayar oleh pelanggan saat membeli produk anda dapat menentukan keberhasilan anda. Sebagai contoh, jika pesaing anda mematok harga yang lebih tinggi dari setiap penjualan, maka kemungkinan besar pesaing anda akan menghasilkan pendapatan yang lebih banyak, dan mungkin mereka akan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Jika hal itu terjadi maka mereka akan mampu mengeluarkan biaya lebih untuk memasang iklan dan mereka akan mampu merebut pangsa pasar anda. Untuk itu anda harus memikirkan sebuah cara untuk meningkatkan harga jual produk anda, misalnya dengan cara menciptakan produk atau jasa yang dijual dalam satu paket dengan harga yang lebih tinggi. Anda juga dapat mencari cara yang lainnya.

Bagian 14: Strategi Lanjutan
Ada begitu banyak perusahaan yang menghabiskan waktu dan tenaganya untuk mendapatkan pelanggan baru. Hal itu berbeda dengan jumlah perusahaan yang berusaha mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar mereka lebih sering melakukan pembelian. Padahal jika mereka mempertahankan pelanggan dengan melakukan berbagai cara, mereka dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan yang diperoleh dari pelanggan yang lebih sering membeli produk mereka dari waktu ke waktu.

Bagian 15 : Perencanaan Keuangan
Langkah terakhir yang dapat dilakukan disini adalah membuat rencana keuangan. Masukkan semua informasi yang ada dalam strategi pemasaran anda. Sebagai contoh, masukkan semua biaya promosi yang harus anda keluarkan serta jelaskan hasil yang anda harapkan, misalnya peningkatan dalam jumlah pelanggan, penjualan dan keuntungan. Gunakan perencanaan keuangan tersebut untuk mengidentifikasi biaya promosi dan strategi apa yang nantinya akan memberikan keuntungan terbaik pada perusahaan anda.
(www.bisniskecil.com)

--


*