..

Ingin Punya Koneksi Bisnis Baru Siapa Takut

Koneksi bisnisKoneksi bisnis

Ada puluhan kesempatan untuk bertemu orang baru yang dapat mengembangkan jaringan anda setiap hari. Tentunya hal ini tidak hanya dapat terjadi dalam kesempatan formal saja, namun dalam berbagai kesempatan yang ada, termasuk di tempat yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan oleh anda sebelumnya. Misalnya saat anda sedang mengantri di kasir, atau saat anda menghadiri sebuah undangan ulang tahun teman, atau di kesempatan tak terduga lainnya.

Ketika hal itu terjadi, jangan takut. Aturan pertama yang harus anda ingat saat ingin membangun sebuah koneksi adalah visibilitas. Dengan kata lain, anda harus dapat melihat dan dilihat agar orang lain tahu siapa anda. Sebuah kartu nama memang penting untuk disediakan, namun jangan lupa bahwa kartu nama anda yang terbaik adalah diri anda sendiri. Anda dapat bergabung dengan berbagai komunitas sebagai permulaan, anda juga dapat mendaftarkan diri anda sebagai relawan dalam sebuah yayasan sosial, atau anda juga dapat menghadiri berbagai acara sosial seperti acara penggalangan dana untuk amal.

Saat anda berbaur dengan banyak orang lain di berbagai kesempatan, anda dapat menggunakan tips-tips dibawah ini untuk memulai percakapan dengan orang asing:

Berikan jabat tangan yang erat.
Jabatan tangan merupakan salah satu contoh hal kecil yang dapat menjadi sebuah kesan pertama bagi orang lain terhadap kita. Menjabat tangan orang lain dengan erat dan tentunya dengan cara yang baik dan pantas dapat menyampaikan rasa percaya kita terhadap orang lain, dan itu penting. Selain menjabat tangan mereka dengan baik dan benar, pastikan untuk selalu berdiri ketika melakukannya karena hal ini dapat menunjukkan rasa hormat anda terhadap diri sendiri dan orang lain. Ketika anda menawarkan tangan anda untuk berjabat tangan, lakukan kontak mata dengan mereka, tersenyumlah, sebutlah nama lengkap anda dan mungkin sedikit sesuatu mengenai anda.

Cari perantara.
Jika anda berada di sebuah komunitas yang baru anda ikuti misalnya, mintalah bantuan dari seseorang yang bertanggung jawab disana atau seseorang yang mengenal banyak orang untuk memperkenalkan anda kepada orang lain disana. Perantara yang berasal dari orang dalam bisa lebih efektif hasilnya jika dibandingkan dengan usaha anda untuk memperkenalkan diri sendiri.

Kenali minat dan hobi orang lain.
Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Kegiatan apa yang anda lakukan di waktu luang anda?” Tidak ada yang suka berbicara tentang pekerjaan setiap saat, jadi ada baiknya jika anda menanyakan hal lainnya yang mereka sukai. Mereka akan sangat menghargainya.

Berikan pujian dengan tulus.
Hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk memulai pembicaraan. Semua orang suka pujian. Ketika seseorang telah memenangkan sebuah penghargaan atau telah melakukan sesuatu yang penting di tempat kerjanya, berikan mereka pujian. Topik berkaitan dengan aksesoris yang mereka kenakan juga merupakan hal yang aman untuk membuka percakapan. Katakan bahwa anda menyukai aksesoris yang dipakainya, misalnya dasi, jepit, bandana, atau yang lainnya.

Tahu sedikit tentang banyak hal.
Anda harus menjadi seseorang yang tidak ketinggalan zaman. Jika anda terlihat menarik, orang lain akan tertarik pada anda. Ketika anda sedang melakukan perjalanan bisnis, ambillah koran lokal segera setelah anda tiba di bandara atau hotel. Biasakan diri anda dengan berita lokal dan anda akan selalu memiliki sesuatu untuk dibicarakan. Namun tinggalkanlah topik-topik yang berbau SARA atau topik yang dapat memicu emosi orang lain.

Jaga hubungan anda.
Setelah anda bertemu dengan koneksi baru anda, pastikan untuk tetap membina hubungan baik dengan mereka. Bertukar kartu nama merupakan hal yang baik untuk memulai hubungan yang selanjutnya. Sesekali kirimkanlah kepada mereka email atau pesan yang mengatakan bahwa anda senang bertemu dengan mereka. Hal itu akan sangat baik untuk hubungan anda dengan mereka selanjutnya.
(www.bisniskecil.com)

--

Beri Tanggapan "Ingin Punya Koneksi Bisnis Baru Siapa Takut"


*