..

Inilah Alasan Memulai Bisnis Anda Sendiri

Bisnis sendiriBisnis sendiri

Kita pasti memiliki seribu alasan untuk tidak terjun dalam dunia bisnis, salah satu alasan yang paling populer adalah bisnis terlalu berisiko, utang yang banyak, kurang istirahat, kehidupan sosial terganggu, dan alasan-alasan lainnya. Namun, tetap saja banyak orang yang tergiur berbisnis dengan semua ketidakpastian ini. Buktinya dapat kita perhatikan dari jumlah bisnis baru yang terus bertambah. Berikut ini terdapat beberapa alasan untuk memulai bisnis anda sendiri:

Waktu luang
Tentu saja anda perlu menghabiskan waktu anda untuk menjalankan bisnis anda, terutama di awal-awal anda menjalankannya. Akan ada banyak hal yang perlu anda persiapkan dan lakukan. Namun jika anda menjalankannya dengan benar, maka anda akan dapat mulai menguasai jadwal anda serta memperoleh kebebasan, paling tidak anda tidak terikat oleh jam kerja yang monoton seperti di kantor.

Kisah pribadi
Anda lah yang memegang kendali tentang kesuksesan hidup anda sendiri. Anda yang berhak menentukan apa yang anda inginkan dan secepat apa anda ingin sukses.

Kebanggaan
Pasti ada rasa bangga yang akan anda rasakan jika anda dapat membangun bisnis yang sukses.

Warisan
Jika anda adalah seorangdokter, tukang ledeng, pegawai atau sopir bus, anda tidak dapat mewarisi karir anda kepada anak cucu anda. Beda halnya jika anda memiliki bisnis sendiri. Anda dapat mewarisi bisnis yang selama ini telah anda bangun kepada mereka.

Keamanan kerja
Pernahkah anda dipecat dari pekerjaan anda? Dengan membuka bisnis anda sendiri, anda tidak perlu khawatir dipecat, karena anda lah bosnya.

Jaringan yang luas
Pengusaha adalah makhluk sosial. Mereka senang untuk saling bertemu, bertukar cerita, dan belajar dari pengalaman masing-masing. Lingkaran teman-teman dan kenalan selalu tumbuh ketika anda menjadi seorang pengusaha, karena pada dasarnya pengusaha membutuhkan orang lain juga dalam menjalankan bisnisnya.

Melakukan hal baik sesuai keinginan anda
Karena itu bisnis anda sendiri, tidak hanya rencana bisnis yang dapat anda atur sendiri, namun juga keuntungan bisnis yang dapat anda berikan kemana pun anda mau. Anda dapat menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan anda kepada orang lain. Anda dapat mensponsori berbagai acara amal, atau dapat menyumbangkannya ke yayasan-yayasan sosial.

Kaya akan pengalaman
Orang-orang menyukai pengalaman yang baru. Dalam berbisnis, tentunya anda akan banyak dapat pengalaman-pengalaman yang baru. Pengalaman tersebut biasanya terbentuk dalam tantangan-tantangan baru untuk meraih sesuatu dalam bisnis anda.

Bimbingan
Setelah sukses dalam menjalankan bisnis serta memiliki pengalaman bisnis yang banyak, anda kemudian akan menjadi pebisnis yang hebat. Dengan pengalaman yang banyak itulah anda kemudian dapat menjadi seorang mentor bisnis yang hebat yang dapat membantu mereka yang kurang berpengalaman daripada anda. Hal itu akan memberi anda kepuasan tersendiri.

Menjadi seorang ahli
Seiring dengan berjalannya waktu, anda akan dapat mempelajari banyak hal sebagai seorang pengusaha. Suatu saat nanti terlepas dari apa yang anda lakukan sebagai pengusaha, jika anda benar-benar konsisten dalam menjalankannya, maka anda akan dapat menjadi seorang ahli. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk diwawancarai untuk keahlian yang anda miliki serta menulis tentang hal tersebut untuk berbagi pengalaman dan ilmu dengan orang lain.

Keterampilan
Sebagai seorang pengusaha kita dituntut untuk terus belajar, tidak hanya dalam hal yang kita senangi saja, melainkan hal-hal lainnya yang mungkin masih baru bagi kita atau hal lain yang sebenarnya kurang kita sukai. Namun percayalah, keterampilan-keterampilan tersebut akan sangat berharga di sepanjang hidup anda.

Berdedikasi
Semua yang akan anda lakukan sebagai seorang pengusaha akan mempengaruhi karakter anda dalam kehidupan pribadi anda. Dengan menjadi seorang pengusaha, kita dituntut untuk terbiasa dengan adanya perubahan, tentunya perubahan kearah yang lebih baik, salah satunya adalah kita harus menjadi pengusaha yang memiliki dedikasi tinggi dalam menjalankan bisnis kita.

Pengakuan
Ada ribuan penghargaan lokal, regional dan nasional yang diberikan kepada para pengusaha di berbagai bidang dan industri. Tentu saja hal ini bukanlah hal yang harus anda jadikan alasan utama dalam berbisnis, namun jelas bahwa akan ada perasaan yang hebat ketika anda menerima salah satu penghargaan tersebut.

Kebebasan finansial
Mari kita bersikap jujur​​, hal ini mungkin saja adalah alasan terbesar bagi banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Dan itu adalah hal yang baik! Percayalah, uang tidak dapat membeli kebahagiaan anda atau orang lain yang anda kasihi, namun uang dapat membantu anda dalam menemukan kebahagiaan dengan lebih mudah.

Mengenali diri sendiri
Sebagai pengusaha, kita dapat menjadi apa pun yang kita inginkan. Memang tidak ada larangan bagi kita untuk menjadi apapun yang kita mau, namun sebagai pengusaha kita lebih banyak memiliki kesempatan untuk menggali potensi diri kita yang lain.

Mengubah dunia
Mungkin ada banyak orang yang menertawakan pengusaha yang mengatakan bahwa mereka akan mengubah dunia. Memang sulit untuk membayangkan bagaimana sebuah kios kecil, misalnya kios yang menjual aksesori ponsel di mal akan mengubah dunia. Tapi ada orang-orang yang berhasil membuktikannya. Lihatlah sosok Elon Musk, Bill Gates, Sergey Brin, dan pengusaha lain yang tak terhitung jumlahnya yang benar-benar telah mengubah dunia dengan beberapa cara kecil (atau besar).

Membuka lapangan pekerjaan
Tentu saja anda telah berpartisipasi dalam membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain sebagai seorang pengusaha. Dan yang perlu anda ingat adalah seorang bos memiliki bertanggung jawab terhadap kesuksesan setiap karyawan yang dia miliki. Maka memberi pekerjaan saja tidaklah cukup, anda harus mampu membimbing mereka untuk ikut mencicipi buah kesuksesan dari bisnis yang anda jalankan itu.

Merek anda
Menjadi terkenal karena sesuatu yang baik itu pasti menyenangkan. Bisnis apapun yang anda jalankan, akan sangat menyenangkan jika anda mendapatkan pengakuan dari merek yang anda bangun.

--

Beri Tanggapan "Inilah Alasan Memulai Bisnis Anda Sendiri"


*