..

Jangan Pernah Melakukan Hal ini Saat Berinteraksi dengan Pelanggan Anda

Interaksi pelangganInteraksi pelanggan

Dunia bisnis terkadang sangat sulit untuk dijalani. Tentu saja, anda mungkin memang memiliki produk yang bagus, namun tentu saja anda masih harus melakukan berbagai usaha untuk menarik minat masyarakat untuk menjadi pelanggan anda. Dan hal tersebut memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena setiap orang akan memiliki kepribadian dan harapan yang berbeda-beda.

Terkadang semuanya menjadi serba sensitif, dimana sedikit saja anda melakukan kesalahan, maka bisnis anda dapat terancam gagal. Oleh karenanya, anda harus berhati-hati dalam berinteraksi dengan para pelanggan anda. Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus anda hindari dalam memperlakukan pelanggan anda walaupun anda cukup mengenal mereka:

Perlakukan pelanggan anda dengan wajar.
Sah saja jika anda ingin mempersembahkan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan anda. Namun, jangan sampai mereka berpikir bahwa pelayanan terbaik yang mereka dapatkan tersebut disebabkan karena harga tinggi yang mereka bayarkan kepada anda. Kadangkala hal ini juga berkaitan dengan kecemburuan yang mungkin timbul pada diri mereka. Jika mereka tidak memiliki mobil mewah, mereka juga tidak ingin melihat anda memiliki mobil mewah. Pelanggan anda dapat saja berpikir bahwa mobil mewah yang anda miliki itu merupakan hasil dari harga tinggi yang anda patok untuk sebuah barang atau jasa yang anda tawarkan.

Jagalah omongan anda.
Jangan pernah berpikir bahwa menjelek-jelekkan orang lain atau bahkan pesaing anda di depan pelanggan anda adalah hal yang baik. Hal itu justru dapat menjadi bumerang bagi anda dan bisnis anda.

Berikan apa yang pelanggan anda mau dan sukai.
Terkadang kita terjebak untuk menawarkan hal lain kepada pelanggan kita hanya karena kita berpikir bahwa hal tersebut adalah hal yang lebih baik. Memang hal tersebut masih diperbolehkan untuk dilakukan. Namun, gunakanlah bahasa yang sopan, dan jangan pernah menjelek-jelekkan pilihan pelanggan kita. Dengan mengatakan bahwa pilihan mereka salah hanya akan melukai perasaan mereka.

Bersikaplah profesional dan hindari topik pembicaraan yang sensitif.
Menjadi seorang pebisnis yang atraktif adalah hal yang sangat dianjurkan Namun, jangan sampai anda terbawa arus dengan mulai membicarakan hal-hal yang terlalu pribadi, atau hal-hal yang agak sensitif untuk dibicarakan.

Hindari gosip.
Janganlah bergosip. Titik. Apapun yang terjadi, hindarilah untuk bergosip, apalagi di depan pelanggan anda, atau bahkan bergosip dengan pelanggan anda. Jika anda melakukannya, hal itu hanya akan menimbulkan kesan bahwa anda juga akan bergosip tentang mereka dengan orang lain lagi yang akan anda temui. Jika anda ingin membicarakan orang lain di depan pelanggan anda, carilah hal-hal yang baik untuk dibicarakan.

Kuncinya adalah perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan oleh mereka. Terkadang yang harus anda lakukan hanyalah diam dan tersenyum.
(www.bisniskecil.com)

--

Beri Tanggapan "Jangan Pernah Melakukan Hal ini Saat Berinteraksi dengan Pelanggan Anda"


*