..

Memilih dan Menentukan Jenis Usaha saat Memulai Bisnis Kecil

Memulai bisnisMemulai bisnis

Memulai sebuah bisnis selalu diawali dengan berbagai macam pertimbangan, mulai dari jenis bisnis yang ingin dibuka, produk yang ingin dijual, dan salah satu masalah klasik yaitu permodalan. Banyak sekali yang bahkan dibayangi rasa ketakutan apakah nanti bisnis yang akan dibuka itu akan bisa berhasil atau malah berhenti di tengah jalan. Hal inilah yang akan membuat kita bahkan “tidak pernah” membuka bisnis itu sama sekali.

Beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan acuan dalam memilih jenis bisnis :

Bidang keilmuan
Kesesuaian jenis bisnis dengan bidang keilmuan yang dimiliki memiliki faktor yang sangat besar dalam membangun sebuah bisnis. Karena memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang tertentu membuat kita mengerti apa saja yang harus dilakukan dan diperbaiki dalam upaya membangun produk atau layanan terbaik. Ketika kita memiliki dasar keilmuan komputer dan teknologi misalnya, maka pengetahuan akan bagaimana teknologi itu berjalan dapat menjadi modal besar yang membedakan dengan orang lain. Akan sangat berbeda halnya jika latar belakang pendidikan kita di bidang kesehatan namun hendak membuka bisnis pertanian, walaupun tidak mustahil akan tetapi jelas lebih sulit.

Hobi
Bekerja sesuai hobi memang sangatlah menyenangkan, seolah-olah kita bermain namun tetap menghasilkan uang dari kesenangan kita. Mempunyai hobi di bidang olahraga misalnya, akan lebih mudah membuka jenis bisnis yang berhubungan dengan peralatan olahraga, pelatih atau instruktur olahraga yang ditekuni, atau bahakan memiliki produk kebugaran sendiri. Sama halnya dengan penyuka tanaman, bisnis tanaman dan pertanian adalah salah satu bisnis yang bertahan dalam segala kondisi.

Bakat
Memulai bisnis dengan bermodal bakat ini adalah salah satu pola bisnis yang tigkat kesuksesannya tinggi, bakat dalam bidang memasak, kerajinan tangan, dunia hiburan, keterampilan unik, dan berbagai ilmu seni adalah model bisnis yang cukup sulit untuk ditiru. Keunikan akan menjadi daya tarik sendiri bagi bisnis anda, sungguh memiliki bakat adalah hal terbesar yang tidak boleh anda sia-siakan.

Permodalan
Untuk masalah permodalan akan berkaitan langsung dengan seberapa besar kita akan memulai sebuah bisnis, apakah dari melakukan semua hal sendirian, ataukah kita bisa mengambil tenaga karyawan untuk lebih mempercepat proses. Modal bisnis ini juga berperan dalam penentuan lokasi jika yang kita geluti adalah bisnis perdagangan, karena salah satu prinsip perdagangan yang paling vital adalah penentuan lokasi.

Selain beberapa hal yang cukup krusial diatas, sebaiknya kita juga menimbang-nimbang apakah faktor faktor lain ini yaitu apakah kita ingin memulai bisnis dari awal atau jika sudah ada bisnis yang berjalan tetapi ingin lebih dibesarkan lagi.

Memulai dari awal
Memulai bisnis baru dari nol memang menjadi sebuah tantangan yang sangat sulit, kita akan dihadapkan pada realita pasar yang tidak selalu ramah. Produk dan layanan yang kurang tepat sasaran juga menjadi momok yang cukup menakutkan, gulung tikar menjadi hal biasa bagi pebisnis pemula. Hanya ketekunan dan kejelian melihat pasar yang akan menjadi senjata dalam membuat bisnis kita berkembang dan sukses.

Mengembangkan usaha
Kita tidak memulai dari awal, akan tetapi melihat potensi bisnis yang sudah berjalan seperti usaha keluarga contohnya. Perubahan teknologi jelas membuat kita bisa meluaskan bisnis yang sudah berjalan tersebut menggunakan media-media lain yang berpotensi memperbesar jangkauan pemasaran dari sebelumnya. Karena bila kita amati, beberapa perusahaan besar multinasional di Indonesia juga berawal dari usaha keluarga yang diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya.

Mengakuisisi Bisnis
Pada kasus dimana modal memungkinkan, ini bisa menjadi jalur cukup cepat untuk memiliki bisnis anda sendiri. Dalam bisnis skala kecil, tidak sedikit yang ingin berganti bidang bisnis karena tidak dilihatnya perkembangan seperti yang diinginkan. Jika anda secara kebetulan mengetahui ada bisnis yang ingin dipindahtangankan karena suatu hal tertentu dan sesuai dengan bidang keilmuan/hobi yang anda miliki, maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis anda sendiri.

D-dy
Menulis seputar teknologi untuk bisnis kecil

Beri Tanggapan "Memilih dan Menentukan Jenis Usaha saat Memulai Bisnis Kecil"


*