..

Menanam Buah Naga pada Lahan Kosong

Buah NagaBuah Naga

Buah Naga atau Dragon Fruit adalah salah satu jenis tanaman kaktus yang saat ini banyak dibudidayakan oleh para petani, terutama pada lahan kosong atau kebun. Salah satu faktor yang membuat buah Naga cepat populer adalah kemudahan dalam perawatan dan kemampuan buah naga untuk bisa tumbuh di berbagai jenis tanah. Banyak lahan kosong yang tadinya kurang produktif karena kesulitan air maupun sedikit mengandung pasir kini bisa disulap menjadi lahan buah Naga.

Media yang diperlukan
Buah Naga termasuk tanaman merambat yang memerlukan media inang untuk tumbuh, media ini bisa berupa tiang beton atau batang pohon Randu (Kapas/Kapuk). Batang Randu juga merupakan jenis pohon yang gampang sekali tumbuh hanya dengan menacapkan potongan batang ke tanah dan sedikit air, atau usahakan penanaman dimulai ketika awal musim hujan sehingga kita tidak repot untuk menyiraminya setiap hari.

Cara Penanaman
Buah Naga bisa ditanam pada batang pohon Randu yang telah tumbuh dengan cara memasukkannya kedalam tanah (kurang lebih 5-10cm saja) lalu disandarkan pada batang pohon. Yang perlu kita lakukan kemudian hanyalah mengatur arah rambatan batang buah Naga. Lakukan pemotongan batang buah Naga bila diperlukan.

Pemupukan dan Perawatan
Pemupukan dapat dilakukan tiap 2-3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk organik, pada dasarnya tanaman buah Naga sedikit sekali memerlukan perawatan, penyemprotan juga bisa dilakukan sesekali untuk merangsang pertumbuhan batang buah Naga. Batang yang menjulur panjang bisa dipotong dan ditanam kembali. Untuk berbuah, buah Naga sebenarnya memerlukan pasokan air yang cukup, jika bisa mendapatkan akses irigasi maka buah Naga bisa tumbuh dan berbuah lebih cepat. Tapi karena kita menanam pada lahan kosong maka cukup dibiarkan saja dan menunggu musim hujan untuk bisa melihat buah Naga berbuah.

Buah Naga mempunya manfaat yang besar bagi kesehatan, beberapa penelitian menunjukkan buah Naga bisa digunakan untuk terapi pengobatan kanker, diabetes, dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan vitamin C dari buah Naga sangat bagus untuk kesehatan mata dan menjaga kesehatan kulit. Buah Naga juga mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi tekanan darah tinggi, dan untuk membantu menyembuhkan penyakit batuk serta asma. [D-dy]

--
D-dy
Menulis seputar teknologi untuk bisnis kecil

2 Tanggapan "Menanam Buah Naga pada Lahan Kosong"

  1. Itu nanamnya pakai apa ?
    Buahnya setelah berapa tahun ?


*